Friday, December 16, 2016

Jenis Pemanas Air di Indonesia

Jenis Pemanas Air di Indonesia
Jenis Pemanas Air di Indonesia dan sumber energi yang digunakan. Penggunaan pemanas air di Indonesia semakin banyak saja. Warga kita sudah banyak yang menggunakan pemanas air untuk rumah tangga. Baik untuk rumah tangga, hotel, apartemen dan bisnis kecil, menengah hingga bisnis besar. Penjualnya pemanas air pun sangat banyak.
Berikut ini jenis pemanas air yang biasa dijual di Indonesia:
  1. Pemanas air listrik, biasa disebut dengan water heater electric
  2. Pemanas air gas
  3. Pemanas air tenaga surya atau solar water heater
Pemanas air tenaga surya adalah pemanas air yang menggunakan panas matahari sebagai sumber energi. Maka pemanas air ini disebut dengan solar water heater. Harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan water heater listrik. Karena memang tangki pemanas air tenaga surya sangat besar. Besar tangkinya bisa mencapai 500 liter. Harga pemanas air tenaga surya sangat beragam. Harga pemanas air ini berdasarkan merk.

Kapasitas pemanas air sangat besar. Sehingga yang menggunakan pemanas air ini biasanya adalah hotel, rumah mewah dan usaha kecil, sedang dan bisnis besar. Tapi sayang jika listrik padam maka pemanas air kapasitas besar ini tidak bisa digunakan. kalaupun harus digunakan maka membutuhkan energi listrik atau watt yang cukup besar. Mengingat kapasitas tangki yang cukup besar.

Di Indonesia penjual pemanas air tenaga surya lumayan banyak. Berikut ini adalah nama-nama pemanas air tenaga surya: Solahart, Wika, Green enegy, Ariston, Inti Solar. Khusus Pemanas air wika, water heater ini adalah produksi dalam negeri. Satu-satunya pemanas air yang bisa bersaing dengan produk asing. Wika pemanas air tenaga surya tersedia dengan ukuran tangki dari 80 liter hingga 500 liter.

Pemanas air listrik dan gas biasanya memiliki tangki yang kecil. Bahkan pemanas air gas tidak memiliki tangki. Tapi air mengalir pada sebuah kumparan. Kumparan dibakar oleh api maka air menjadi panas. Itulah yang disebut dengan pemanas air gas. Sedangkan pemanas air listrik menggunakan listrik sebagai sumber energi.

No comments :

Post a Comment